Jakarta, 13 Agustus 2024 – Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) berkolaborasi bersama BNI siap mengajak 10.000 orang peserta berlari di BNI UI-Half Marathon (BNIUIHM) 2024 pada 8 September 2024. Dengan tema “Bersama Melangkah”, acara ini mengajak alumni, komunitas lari, dan seluruh masyarakat pecinta lari untuk berlari mengelilingi Kampus UI Depok sekaligus menjaga lingkungan dan mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).
Ketua Umum ILUNI UI Didit Ratam mengatakan, ada banyak hal yang berbeda dan unik dari penyelenggaraan BNI-UIHM yang diawali pada 2017 ini.
“Pada penyelenggaraan BNI-UIHM yang keenam ini akan ada total 10.000 orang peserta yang berpartisipasi dengan 6.000 orang berlari secara offline di Kampus UI Depok dan 4.000 lainnya akan berlari dari tanggal 24 Agustus – 8 September 2024 secara virtual dari mana saja melalui video yang bisa disebarluaskan di media sosial,” ungkap Didit, pada Konferensi Pers BNI-UIHM2024 di Grha BNI, Selasa (13/8/2024).
Lebih lanjut, Didit memaparkan, BNI-UIHM 2024 kali ini juga berkontribusi untuk greenmetrics UI salah satunya dengan cara mengurangi jejak karbon dengan mendorong upaya carpooling. Lebih dari itu, akan disiapkan sediakan shuttle untuk para peserta menuju venue. Selain itu, jersey BNI-UIHM 2024 berkolaborasi dengan Pressio yang terbuat dari 100% bahan daur ulang.
“Ini merupakan wujud membangun kolaborasi antara BNI, UI, komunitas lari, dan berbagai pihak terkait untuk mencapai tujuan bersama dalam menjaga lingkungan. Kami akan mensterilkan kawasan 3 jam sebelum event dimulai, dan penerapan ramah lingkungan selama penyelenggaraan acara, seperti penggunaan bahan daur ulang dan pengurangan sampah plastik,” jelasnya.
Wakil Rektor bidang SDM dan Aset UI, Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., menyampaikan apresiasi atas komitmen BNI-UIHM 2024 pada kegiatan yang mendukung keberlanjutan (sustainability) di kampus UI. UI menciptakan area kampus sebagai tempat beraktivitas yang nyaman, hijau, sehat, bersih, dan hemat energi. “Dari seluruh area UI yang ada di
Kampus Depok, sebanyak 50% kawasan adalah ruang terbuka hijau dan untuk menjaga kelestariannya, UI menetapkan kebijakan master plan pengembangan kampus agar persentase lahan terbuka dan lahan hijau tetap berada di angka 50% sehingga dapat dimanfaatkan masyarakat salah satunya untuk berolahraga. Ini menjadi Langkah dalam mendukung terwujudnya UI sebagai kampus lestari juga meningkatkan kualitas hidup masyarakat,” ujar Prof. Dedi.
Ajang yang pertama kali diadakan tahun 2017 ini secara konsisten mempromosikan tren gaya hidup sehat yang semakin berkembang di Indonesia. Pada tahun ini, BNI UIHM memiliki inovasi yakni kelompok-kelompok lari yang terinspirasi dari istilah yang populer di dunia kerja, seperti mediocre, umbi-umbian, termasuk influencer. Selebriti Amel Carla yang merupakan alumni FHUI juga berpartisipasi dalam BNI-UIHM 2024.
“Sebagai pelari pemula yang memulai lari sejak pandemi, Ini adalah pengalamanku sebagai pemimpin tim lari dari tim Influencer yang ada di BNI-UIHM 2024,” kata Amel.
BNI Sponsor Utama
Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo Budiprabowo menjelaskan tahun ini tema yang diambil adalah The Greenest and Most Sterile Route Half Marathon.
Tema ini selaras dengan tujuan penyelenggaraan BNI – UI Half Marathon yaitu memberikan pengalaman lari yang aman dan nyaman melalui lintasan lari yang hijau dan steril dari kendaraan bermotor di dalam lingkungan kampus Universitas Indonesia. Okki mengatakan, BNI dan ILUNI UI menargetkan bisa menjaring sedikitnya 10.000 peserta.
“Kegiatan BNI – UI Half Marathon ini sudah dilakukan selama lima kali, dari tahun 2017 dan saat ini adalah kali ke-6, di mana BNI selalu memberikan dukungan dengan menjadi title sponsor pada kegiatan ini,” ujar Okki dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (13/8/2024).
Untuk memeriahkan ajang BNI UI Half Marathon ini, BNI juga telah menyiapkan beberapa program promosi khusus bagi para runner yang melakukan transaksi dengan menggunakan Kartu Kredit, Kartu Debit, dan EDC BNI melalui aplikasi wondr by BNI.
Program-program tersebut antara lain gratis biaya pendaftaran tiket BNI UI HM bagi nasabah baru BNI yang membuka tabungan melalui wondr by BNI. ada juga Program QR Referral pembukaan rekening, hadiah langsung migrasi wondr by BNI dan pembukaan rekening BNI dengan gymick menarik saat pengambilan race pack maupun on event.
Selain itu, ada potongan pembelian TapCash BNI spesial edisi BNI-UI Half Marathon dengan transaksi di QRIS wondr by BNI.
Tersedia juga Free Annual Fee satu tahun pertama, hadiah Voucher MAP, Tokopedia GiftCard, dan Merchandise BNI untuk pembukaan Kartu Kredit BNI.
Penawaran menarik lainnya berupa pembelian Reksa Dana Makara senilai Rp1 juta (tidak berlaku kelipatan) dengan mendapat TapCash senilai Rp50.000.
Di samping itu, ada juga program khusus dari BNI Securitas antara lain Bonus Saldo RDN bagi Nasabah baru yang melakukan registrasi BIONS, Free asuransi kecelakaan diri Digimicro Protection untuk peserta BNI UI Half Marathon, Hadiah Voucher MCU hingga Rp2.000.000 & Merchandise Menarik bagi nasabah yang membeli produk asuransi langsung di booth BNI Life serta Program Free Mini Health Check di booth BNI Life bagi seluruh peserta dan pengunjung BNI UI HM. Ada juga tambahan hadiah saham untuk juara satu semua kategori dengan registrasi BIONS On Event, serta promo-promo menarik lainnya. (*)
Tentang BNI UI-HM 2024
BNI-UIHM 2024 merupakan acara lari half marathon yang bertujuan memperkuat ikatan antara sivitas Akademika UI dan masyarakat luas. BNI-UIHM 2024 tidak hanya untuk bersilaturahmi dan berekreasi, tetapi juga mempromosikan tren gaya hidup sehat yang semakin berkembang di Indonesia. BNI-UIHM 2024 juga merangkul alumni melalui rangkaian kegiatan Road to UIHM 2024 yang tersebar di seluruh Indonesia melalui dukungan ILUNI Wilayah dan Chapter, di antaranya ILUNI UI Wilayah Jawa Barat, ILUNI UI Wilayah Sumatera Selatan, dan ILUNI UI Wilayah Bali. Selain itu, ILUNI UI Chapter Qatar, ILUNI UI Chapter Hong Kong, dan ILUNI UI Chapter USA. Road to BNI-UIHM 2024 juga diselenggarakan di Paris dan Kanada.
Narahubung: Ana +62 812-8854-4275 (media partner)