id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

2016, UI Jadi Satu-satunya Universitas di Indonesia yang Masuk ke THE Asia University Ranking

universitas indonesia2

Universitas Indonesia (UI) berhasil menjadi perguruan tinggi pertama dan satu-satunya dari Indonesia yang turut diperhitungkan oleh Times Higher Education bersama dengan lebih dari 200 perguruan tinggi yang tersebar di 22 negara di Asia.

UI berada di dalam kelompok 181-190 perguruan tinggi terbaik di Asia. Pemeringkatan tersebut didasarkan oleh Media Inggris Times Higher Education (THE) University Rankings 2016 yang baru saja merilis Asia University Ranking 2016 pada Selasa (21/6/2016).

Sementara itu, Singapura menjadi rumah bagi dua perguruan tinggi terbaik di Asia yaitu National University of Singapore dan Nanyang Technological University yang menduduki peringkat pertama dan kedua se-Asia.

Republik Rakyat Tiongkok dan Jepang merupakan negara dengan perguruan tinggi terbanyak yang masuk ke dalam pemeringkatan THE yaitu sebanyak 39 perguruan tinggi. Lebih lanjut, Taiwan dan Korea Selatan bersama-sama berhasil membawa 24 perguruan tingginya masuk ke dalam pemeringkatan THE Asia.

Sejumlah negara tetangga Indonesia diantaranya Thailand berhasil memiliki 7 perguruan tinggi di dalam pemeringkatan THE Asia. Sementara Malaysia memiliki 4 perguruan tinggi yang masuk ke dalam list THE Asia University Ranking 2016.

Metode pemeringkatan THE menitikberatkan pada indikator riset yang dilakukan oleh sivitas akademika universitas. Terdapat 5 kelompok besar indikator kinerja universitas yang dikalibrasi ulang untuk mencerminkan atribut sistem pendidikan tinggi di Asia.

Adapun lima kelompok tersebut adalah Performa Pengajaran (kegiatan belajar mengajar) – 25% ; Penelitian (jumlah, reputasi) – 30% ; Sitasi Penelitian – 30% ; Cakupan Internasional (staf, mahasiswa dan riset) – 7,5% dan Kerjasama Industri – 7,5%.

Pengumuman dapat diakses di laman : https://www.timeshighereducation.com/world-university-rankings/2016

Penulis : Egia Etha Tarigan

Related Posts