id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Career and Scholarship Expo ke-18: Jembatani Pencari Kerja dengan Kebutuhan Industri

UI CareerUniversitas Indonesia (UI) menggelar “UI Career and Scholarship Expo”pada 2—4 Oktober 2014 di Balairung UI, Depok. Pembukaan acara dihadiri oleh Prof. Dr. dr. Siti Setiati Sp.PD(K) (Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Kerjasama Industri UI), Ir. Abdul Wahab Bangkona, M.Sc. (Sekretariat Jenderal Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi), Evita M. Tagor (Direktur SDM PT Pertamina), dan Sandra Fikawati (Ketua Pelaksana UI Career and Scholarship Expo XIV) yang sekaligus memberikan sambutan.

Dalam penyelenggaraan UI Career and Scholarship Expoyang ke-18 ini, tujuh puluh perusahaan berpartisipasi sebagai pengisi stan bursa kerja. Beberapa di antaranya adalah PT Pertamina, Unilever Indonesia, PT Astra Internasional Tbk., dan sejumlah lembaga pendonor beasiswa seperti British Council dan Kementerian Keuangan.

Dalam sambutannya, Siti Setiati menyampaikan bahwa fokus acara ini adalah untuk menjembatani alumni perguruan tinggi, khususnya alumni UI, dalam mencari pekerjaan serta meniti karir sesuai dengan jurusan yang dipilih ketika duduk di bangku perkuliahan.

Evita Tagor mengungkapkan hal yang serupa terkait dengan peran serta Pertamina dalam acara tersebut. “Ini bentuk nyata Pertamina dalam menjalankan proses rekrutmen secara fair bagi semua peserta berbasis kompetensi. Karena ada tiga hal yang paling penting dalam sebuah corporate: SDM, SDM, SDM. Dan kegiatan ini adalah salah satu usaha kami untuk mencari SDM yang berkualitas,” jelasnya.

Sementara itu, dalam sambutannya, Abdul Wahab lebih menekankan pentingnya kualitas di luar nilai akademik bagi para lulusan-lulusan perguruan tinggi di Indonesia. “Dalam hal ini sarjana perlu memiliki keterampilan lain di luar kemampuan akademis karena melihat persaingan global yang begitu kuat saat ini. Perusahaan juga harusnya dapat mempertimbangkan komponen tersebut dalam merekrut pegawainya,” ucapnya.

Rangkaian UI Career and Scholarship Expo ini diisi dengan sejumlah acara seperti presentasi dari perusahaan dan lembaga pendonor beasiswa, tes seleksi dan wawancara perekrutan kerja, seminar persiapan melanjutkan studi dan seminar karier. UI Career and Scholarship Expo adalah salah satu kegiatan rutin yang diprakarsai oleh Career Development Center (CDC) UI sebagai pusat pengembangan karier dan kualitas sumber daya manusia yang bernaung di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI. Tidak hanya menyelenggarakan Career and Scholarship Expo, CDC UI juga memprakarsai kegiatan rutin lainnya seperti program persiapan karier dan softskill training. (WND)

Related Posts