id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Memenangkan Persaingan dalam Pemasaran Digital

Digital MarketingTeknik pemasaran terus mengalami perubahan. Jika dulu saat menonton televisi semua orang dapat fokus menonton, kini kondisi telah berbeda. Banyak orang membagi perhatiannya saat menonton televisi dengan memainkan laptop, tablet, dan smartphone untuk berselancar di dunia maya dan mengakses media sosial.

Hal tersebut disampaikan CEO BigEvo, Andy Santoso, saat berbicara mengenai tema “Winning Moments that Matters”, Selasa (16/6/2015). Bekerja sama dengan Kantor Humas dan KIP UI, Google Specialist Agency, BigEvo menyelenggarakan Marketing Digital Roadshow. Dalam seminar tersebut, Andy menjelaskan cara agar sebuah merek bisa memenangkan persaingan di ranah pemasaran digital.

“Dulu, promosi sebuah produk dikatakan simpel karena siklus seseorang terkena stimulus sampai tertarik untuk membeli hanya tiga step. Pertama, mereka melihat referensi dari TV, billboard, radio, atau koran. Setelah tahu, mereka datang ke toko untuk mencoba produk. Setelah membeli, mereka pulang dan mencoba produk tersebut kembali atau disebut second moment of truth. Kalau suka, baru mereka melakukan word of mouth,” jelas Andy yang pernah menjadi Industry Head of Google ini.

Lebih lanjut, Andy menjelaskan bahwa kini fase promosi sebuah produk telah berubah. Ada satu fase ketika calon konsumen akan diserap di antara stimulus dan first moment of truth, yaitu zero momenth of truth. Fase ini menunjukkan bahwa ketika akan membeli, setiap orang tidak lagi hanya mengandalkan iklan. Namun, mereka terlebih dahulu melakukan survey atau research terkait produk yang diinginkan, biasanya melalui search engine beberapa jam sebelum melakukan pembelian.

Maka, di situlah peran pemasaran digital. Dengan bertambahnya pengguna internet dan mobile phone, setiap pemasar harus mencari cara untuk memenangkan hati konsumen yang kini lebih banyak bersentuhan dengan media digital. Menurut Andy, ada beberapa hal yang patut diperhatikan oleh para pemasar demi memenangkan momen tersebut.

Pertama, menemukaan saat yang penting atau tahu target pasar produk mereka, mengetahui media yang digunakan calon pelanggan hingga perilaku calon pelanggannya. Kedua, selalu hadir pada setiap momen yang dibutuhkan, dalam hal ini pemasar harus showing up. Beberapa cara yang bisa digunakan untuk proses ini adalah dengan menggunakan media sosial yang relevan untuk produk yang dipasarkan dan melakukan remarketing. Ketiga, selalu memantau key performance indicator produk, belajar dari setiap performansi, dan selalu melakukan improvisasi.

Penulis: Jumali Ariadinata

Related Posts

Leave a Reply