id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Pertemukan Dunia Usaha dan Pencari Kerja

20864908513_49c210bd82_z

Career Development Center (CDC) UI kembali menggelar UI Career & Scholarship Expo yang berlangsung pada tanggal 17–19 September 2015 di Balairung, Kampus UI Depok. Tahun ini, terdapat 54 perusahaan serta 12 lembaga pendonor beasiswa yang berpartisipasi.

Kegiatan yang dilakukan dalam acara ini adalah rekrutmen dan persentasi dari perusahaan-perusahaan peserta, presentasi perusahaan, seminar karir, dan pameran lembaga-lembaga penyedia beasiswa. Dalam pelaksanaan tahun ini, banyak perusahaan startup yang untuk pertama kalinya melakukan proses rekrutmen di acara ini, seperti PT Gojek Indonesia, Shopee Mobile, Tokopedia, PT Ecart Webportal Indonesia (Lazada), PT Fashion Eservices Indonesia (Zalora), dan PT. Cerita Bahagia (Bride Story).

Lembaga pendonor beasiswa yang menjadi peserta diantaranya adalah University of Groningen & Wageningen, Taipei Economic & Trade Office, IFI Campus France, University of Twente, The Netherlands, dan IDP Education Australia.

Pembukaan acara ini turut dihadiri oleh Menteri  Ketenagakerjaan M. Hanif Dhakiri yang mengatakan bahwa permasalahan utama penyerapan tenaga kerja di Indonesia adalah kurangnya link and match antara kebutuhan dunia usaha dan pencari kerja. Tidak sesuainya standar kualitas keterampilan mengakibatkan calon tenaga kerja sulit menembus lowongan-lowongan yang disediakan pasar kerja dan industri.

Permasalahan kualitas keterampilan tenaga kerja ini harus segera diatasi, terutama dalam menyambut Masyarat Ekonomi Asean yang akan mengakibatkan persaingan tenaga kerja akan semakin kompetitif. “Kedepannya tren yang akan berkembang adalah tenaga kerja bersertifikasi dan berkompetensi. Penyerapan tenaga kerja akan lebih bertumpu pada hard skill, bukan lagi bergantung pada jenjang akademik yang telah ditempuh,” jelasnya.

UI Career & Scholarship Expo merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh Career Development Center (CDC) UI sebagai pusat pengembangan karir dan kualitas sumber daya manusia di bawah Direktorat Hubungan Alumni UI. Tidak hanya menyelenggarakan Career and Scholarship Expo, CDC UI juga menggelar kegiatan rutin lainnya seperti program persiapan karier, tracer study serta soft skill training dalam rangka membentuk SDM UI yang berkualitas.

Penulis : Wanda Ayu

 

Related Posts

Leave a Reply