id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Meningkatkan Kualitas Terapis Psikologi Bersama Scott Miller

Terapis PsikologiMemperingati Hari Kesehatan Mental Dunia yang jatuh pada 10 Oktober, Program Studi Psikologi Profesi Fakultas Psikologi Universitas Indonesia menyelenggarakan workshopAchieving Clinical Excellence” pada Jumat—Sabtu, 16—17 Oktober di Ruangan Seminar Double Tree Hotel, Cikini, Jakarta. Workshop yang diikuti oleh para terapis, konselor, dan para pekerja di bidang layanan kesehatan psikologi ini menghadirkan Scott Miller, Ph.D. sebagai narasumber.

Workshop yang mengangkat tema “Three Steps to Superior Performance” ini diselenggarakan untuk meningkatkan kualitas diri terapis melalui teknik-teknik yang diajarkan Scott Miller. Dalam seminar ini, Scott Miller (pendiri Center for Clinical Excellence) menyampaikan tiga langkah penting yang perlu dilakukan terapis psikologi bila ingin meningkatkan kualitas dirinya dalam menangani pasien.

Pertama, terapis perlu mengetahui kondisi psikologis pasien, bagaimana relasinya dengan orang-orang di sekitarnya, perasaannya, apa yang ia rasakan tentang dirinya dan bagaimana posisi terapis dalam sudut pandang pasien.

Kedua, para terapis harus berusaha terus mengukur umpan balik yang diberikan pasien. Para terapis harus berusaha menempatkan dirinya dalam sudut pandang pasien, membuat pasien nyaman dan mau terbuka menceritakan dirinya kepada terapis.

Dalam tahap ini, seorang terapis disarankan untuk tidak berasumsi. Terapis harus terbuka dan bertoleransi dengan sudut pandang pasien. Berusaha membaur dengan kondisi psikologis pasien adalah kunci utama dari langkah kedua ini.

Tahap ketiga adalah pengulangan atau latihan yang konsisten. Teori apapun yang dipergunakan untuk meningkatkan kualitas terapis tidak akan ada gunanya bila tidak disertai dengan latihan terus-menerus. Para terapis harus punya semangat dalam meningkatkan kualitas diri tanpa harus diawasi.

Peningkatan kualitas tenaga kesehatan memang menjadi isu yang banyak didengungkan para pemerhati kesehatan saat ini, terutama terkait dengan berlakunya Masyarakat Ekonomi ASEAN di akhir tahun 2015. Workshop ini menghadirkan Scott Miller sebagai narasumber karena ia dianggap mempunyai kapabilitas dalam memberikan materi tentang peningkatan kualitas tenaga psikologi.

Kredibilitas Scott tidak diragukan lagi. Selain sebagai salah satu pendiri Center for Clinical Excellence yang telah terbukti kredibilitas institusinya, pengalaman praktiknya yang banyak juga semakin membuktikan kualitas Scott. Selain itu, pembawaannya yang humoris menjadi nilai tambah Scott sebagai narasumber.

 

Penulis: Wanda Ayu

Related Posts

Leave a Reply