id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI Segera Umumkan Kampus Hijau Terbaik Dunia 2015

logo-greenmetric-jpg

Sejak diluncurkan pada April 2010, UI GreenMetric World University Ranking kian populer di kalangan universitas-universitas di dunia. Jumlah universitas yang berpartisipasi dari tahun ke tahun pun terus mengalami peningkatan.

Pada 2010 misalnya, terdapat 95 universitas dari 35 negara yang ikut serta. Jumlah tersebut melonjak menjadi 178 universitas dari 42 negara di tahun berikutnya. Kini, jumlahnya mencapai 407 universitas dari 65 negara di seluruh dunia. Jumlah partisipasinya meningkat empat kali lipat sejak pertama kali diluncurkan.

Jumlah tersebut menunjukkan komitmen yang tinggi dari universitas-universitas di dunia untuk meningkatan kualitas lingkungan lewat berbagai upaya pelestarian. Penghematan energi, transportasi yang ramah lingkungan, serta pengolahan sampah merupakan sebagian dari isu sentral yang menjadi perhatian dalam penilaian UI GreenMetric.

Perubahan iklim telah menjadi perhatian dunia. Setiap organisasi, termasuk universitas berlomba-lomba menjaga kelestarian dan kehijauan kampus mereka.

Jumat, 22 Januari 2016 mendatang, UI secara resmi akan mengumumkan pemenang-pemenang kampus hijau terbaik di dunia yang masuk ke dalam UI GreenMetric Ranking of World University 2015.

Penilaian pada UI GreenMetric dilandasi pada tiga filosofi dasar, yakni Environment, Economic, dan Equity (3’Es). Perbaikan pada metodologi penilaian dan survei terus dilakukan oleh UI GreenMetric setiap tahunnya agar menghasilkan penilaian yang komprehensif.

UI GreenMetric merupakan inisiatif Universitas Indonesia untuk mengadakan pemeringkatan kampus hijau terbaik di dunia. Pemeringkatan ini diharapkan dapat mendorong UI sebagai pencipta tren di bidang lingkungan hidup.

UI GreenMetric secara resmi merupakan lembaga pemeringkatan yang telah diterima sebagai anggota IREG Observatory (International Ranking Expert Group) pada Konferensi IREG-6 bulan April 2012 di Taipei.

IREG adalah lembaga yang berpusat di Belgia dan merupakan lembaga penting karena perannya sebagai quality assurance (penjaminan mutu) lembaga pemeringkatan dengan program audit dan sertifikasi bagi lembaga pemeringkatan universitas sedunia.

Berbagai analisa pemanfaatan pemeringkatan universitas di forum UNESCO, situs-situs web universitas di dunia, dan berbagai publikasi ilmiah di jurnal internasional di Eropa dan Amerika telah banyak menyebut UI GreenMetric di dalamnya.

 

Penulis : R. A. Khairun Nisa

Related Posts

Leave a Reply