id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Peran Perawat dalam Peningkatan Angka Kelahiran Hidup

shutterstock_mother and baby

Angka kematian ibu sangat terkait erat dengan masalah reproduksi dan kesehatan perempuan. Kementerian Kesehatan pada 2013 mencatat bahwa angka kematian ibu meningkat dari 359 per 100.000 kelahiran hidup.

Perawat, sebagai garda terdepan layanan kesehatan di Indonesia mempunyai andil yang tidak sedikit terhadap penurunan tingkat kematian ibu di Indonesia.

Hal tersebut menjadi topik dalam pengukuhan guru besar Fakultas Ilmu Keperawatan (FIK) Prof. Dra. Setyowati, Skp, M.App.Sc., Ph.D. dalam pidatonya yang berjudul “Kontribusi Keperawatan dalam Pencapaian Program SDGs untuk Kesehatan Reproduksi Perempuan di Indonesia”. Acara pengukuhan ini dilakukan pada Sabtu (16/1/2015) di Balai Sidang UI Depok.

Setyowati dalam pengukuhannya menguraikan bahwa beragam pelayanan dapat dilakukan oleh perawat, khususnya keperawatan maternitas sehingga mampu berkontribusi dalam keberhasilan penurunan angka kematian maternal ibu.

Pelayanan tersebut antara lain sebagai pemberi asuhan keperawatan, pembela untuk melindungi klien, pemberi bimbingan klien, dan pendidik klien.

Semua jenis pelayanan tersebut berdampak pada kesehatan reproduksi ibu. Salah satu contoh yang dipaparkan dalam pidatonya adalah peran perawat dalam mengurangi rasa cemas dan stres yang muncul selama proses melahirkan.

Hal ini penting, karena kecemasan dan stres yang tidak teratasi merupakan penyebab terjadinya kemacetan dalam proses melahirkan dan akhirnya bisa berujung pada kematian ibu.

Peran perawat dalam proses menurunkan angka kematian ibu sebagai salah satu target SDGs sangat besar, karena tenaga keperawatan adalah tenaga kesehatan pertama yang berhubungan langsung dan intensif dengan para ibu.

Selain itu, dalam prakteknya seorang perawat juga biasanya menjadi tempat rujukan para ibu untuk kesehatan mereka, sehingga fungsi pendidik tenaga keperawatan sangatlah besar.
Penulis : Wanda Ayu

 

Related Posts

Leave a Reply