id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Peringkat UI Naik Ke Posisi 67 di Asia

QS Asia

UI kembali mengukir pencapaian baru tahun ini. Peringkat UI di Asia naik 12 poin, dari posisi 79 ke posisi 67 tahun berdasarkan lembaga pemeringkatan QS University Ranking 2016.

Lembaga pemeringkatan tersebut juga melaporkan posisi UI di Indonesia yang masih menduduki peringkat pertama.

Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menyampaikan, “Pemeringkatan bukanlah tujuan utama yang dikejar sebuah institusi pendikan melainkan menghasilkan lulusan unggul serta meningkatkan kualitas pendidikan, penelitian dan pengabdian bagi masyarakat.”

Lebih lanjut Anis menyampaikan bahwa peningkatan kualitas salah satunya dapat dilakukan dengan memenuhi parameter-parameter yang digunakan oleh lembaga pemeringkatan universitas di dunia.

“Kami berbangga hati atas pencapaian ini–dengan demikian secara tidak langsung menunjukkan bahwa institusi pendidikan di Indonesia telah direkognisi oleh dunia. UI akan senantiasa berbenah guna menghasilkan para lulusan yang mandiri dan unggul serta siap menghadapi dan menyelesaikan permasalahan dan tantangan pada tingkat nasional maupun global,” kata Anis.
QS indonesia

Berdasarkan hasil kalkulasi yang dilakukan tim QS, UI unggul pada Kualitas Tenaga Pendidik, Reputasi Akademis, Jumlah Tenaga Pendidik Asing di UI serta Kegiatan belajar-mengajar di setiap fakultas.

Selain itu, indikator lain yang berhasil dipenuhi diantaranya terdapat peningkatan dalam publikasi jurna, pengelolaan sumber daya manusia di tingkat universitas maupun fakultas serta tata kelola organisasi yang mencakup budaya, kebiasaan, kebijakan dan upaya internasionalisasi komunitas mahasiswa maupun tenaga pendidik.

Upaya ini juga seturut program pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi, riset dan inovasi guna mendukung daya saing bangsa.

Penulis : Egia Etha Tarigan

Related Posts