id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Jalin Kerja Sama Internasional, UI Berpartisipasi dalam Forum Rusia-ASEAN di Rusia

rusia2

1—3 September lalu Universitas Indonesia berpartisipasi dalam dua event internasional, yaitu Russian-ASEAN Forum yang berlangsung 1—2 September 2016 dan Far Eastern Economic Forum yang berlangsung 2—3 september 2016 di Vladivostok, Rusia.

Dalam forum tersebut, hadir 150 peserta yang merupakan pimpinan dari universitas-universitas di Rusia dan ASEAN. Partisipasi Universitas Indonesia diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Keuangan, Logistik, dan Fasilitas Prof. Dr. Adi Zakaria Afiff dan Staf Pengajar Departemen Studi Rusia Ahmad Fahrurodji.

Keduanya mempresentasikan pemikiran mengenai kerja sama UI dengan industri dan pemerintah Rusia pada khususnya dan luar negeri pada umumnya, serta pemikiran mengenai sejarah hubungan pemerintah Indonesia dan pemerintah Rusia.

rusia1

Sementara pada Far Eastern Economic Forum, Adi Zakaria terlibat dalam panel yang membahas “Humanitarian and Economic Development” di Asia Pasifik melalui penjelasan rencana kerja sama UI dengan Rosatom dari Rusia yang baru ditandatangani Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met dua bulan sebelumnya.

Far Eastern Economic Forum sendiri dibuka oleh Presiden Rusia Vladimir Putin, dan dihadiri Perdana Menteri Jepang Abe dan Presiden Korea Selatan Park.

Turut hadir dalam forum Rusia-ASEAN tersebut Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov dan menteri luar negeri dari serta perwakilan negara-negara anggota ASEAN tersebut. Secara umum, kedua forum ini bertujuan untuk membuka kemungkinan kerja sama ilmu pengetahuan, teknologi, ekonomi, dan budaya antara Rusia dengan negara-negara ASEAN, serta negara-negara Asia Timur.

Related Posts