id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Layanan Kami

Layanan Kami

DPMA, sebagai Unit Kerja resmi Universitas Indonesia (UI), berusaha menyediakan pelayanan yang maksimal untuk seluruh warga UI.

Picturexxx1

Evaluasi Internal

Dalam lingkungan UI, evaluasi internal diperlukan dalam menjaga mutu pembelajaran sekaligus merupakan salah satu implementasi siklus PPEPP. Bentuk evaluasi internal yang dilakukan terdiri dari EVISEM, EVITAH, EDOM/EFOM, EMPIRIS, dan MEP.

EVISEM & EVITAH

Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) merupakan evaluasi Program Studi yang dilakukan setiap semester, sedangkan Evaluasi Internal Tahunan (EVITAH) merupakan evaluasi Program Studi yang dilakukan setiap tahun. EVISEM dan EVITAH dilakukan secara online melalui sipma.ui.ac.id.

EDOM/EFOM

Evaluasi Dosen oleh Mahasiwa (EDOM)/Evaluasi Fasilitator oleh Mahasiswa (EFOM) adalah evaluasi dan masukan dari mahasiswa untuk peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen/fasilitator di UI. Pengisian EDOM dilakukan dengan mengakses SIAK-NG UI yang terhubung dengan edom.ui.ac.id.

EMPIRIS

Evaluasi Mahasiswa S2 & S3 mengenai Pendidikan dan Riset (EMPIRIS) adalah evaluasi dan masukan dari mahasiswa untuk peningkatan proses pembelajaran yang dilakukan melalui riset.

MEP

Monitoring dan Evaluasi Pembelajaran (MEP) adalah evaluasi pelaksanaan pembelajaran yang bersifat formatif pada mata kuliah/modul. MEP dilaksanakan sejak tahun 2023 dan merupakan pengembangan dari Monev E-Learning seiring berlalunya pandemi COVID-19. MEP dilakukan terhadap mata kuliah/modul yang menggunakan moda luring, daring, blended, maupun hybrid. Evaluasi dilakukan oleh sesama dosen (peer review).

Monev E-Learning Tahun 2021

Sejak tahun 2021, Monev E-Learning dilaksanakan untuk mengevaluasi proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) yang dilakukan selama pandemi COVID-19.

Sosialisasi dan Pendampingan

DPMA terus mengadakan sosialisasi dan pendampingan yang berkaitan dengan mutu UI dengan melibatkan UPMA dan Ketua Program Studi. Beberapa kegiatan sosialisasi dan pendampingan yang pernah dilakukan, antara lain, Sosialisasi Pemantapan Pemahaman Perbedaan Instrumen Akreditasi 7 Standar dan 9 Standar BAN-PT, Sosialisasi Penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK), dan Workshop Persiapan Akreditasi Internasional.

Sosialisasi Pemantapan Pemahaman Perbedaan Instrumen Akreditasi 7 Standar dan 9 Standar BAN-PT

diselenggarakan pada tanggal 30 April 2021. Narasumber pada kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Rujito Agus Suwignyo, M.Agr. Sebanyak 111 peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini terdiri dari Ketua UPMA Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi serta Ketua Program Studi di lingkungan UI. Pada sosialisasi ini disampaikan materi terkait latar belakang perubahan instrumen akreditasi serta poin pembeda instrumen akreditasi 7 standar dan 9 standar.

Sosialisasi Penyusunan Instrumen Suplemen Konversi (ISK)

diselenggarakan pada tanggal 24 Juni 2021. Narasumber dalam kegiatan ini adalah Prof. Dr. Ir. Johny Wahyuadi M. Soedarsono, DEA. Beliau merupakan salah satu penyusun IAPS di BAN-PT. Sebanyak 111 peserta yang hadir dalam kegiatan sosialisasi ini terdiri dari Ketua UPMA Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi serta Ketua Program Studi di lingkungan UI. Pada sesi diskusi, beberapa peserta mengajukan pertanyaan terkait indikator Pelampauan SN DIKTI. Dalam kegiatan ini ditekankan bahwa BAN-PT tidak mengadakan asesmen lapangan terhadap pengajuan ISK. Oleh karena itu, dokumen ISK haruslah lengkap dan narasi ISK disampaikan dengan jelas, komprehensif, dan bersistematika baik. Pengajuan ISK dari Program Studi di UI sangat diharapkan agar semakin banyak Program Studi di UI yang memperoleh peringkat akreditasi Unggul yang mendukung peningkatan akreditasi UI.

Workshop Persiapan Akreditasi Internasional

dilakukan pada tanggal 12—13 November 2021 dan 26—27 November 2021. Workshop pertama yang diselenggarakan pada tanggal 12—13 November 2021 dihadiri oleh 55 peserta yang terdiri dari Pimpinan Universitas dan perwakilan Unit Kerja di lingkungan PAU. Narasumber pada kegiatan tersebut adalah Tim ISK UI. Pada workshop pertama ini dibahas mengenai persiapan akreditasi institusi dan kebutuhan data yang dibutuhkan dalam penyusunan ISK PT.

Workshop kedua yang diselenggarakan pada tanggal 26—27 November 2021 dihadiri oleh 66 peserta yang terdiri dari Ketua UPMA dan perwakilan Ketua Program Studi. Narasumber pada kegiatan ini adalah Rahayu Retno Sunarni, M.Pd. (Koordinator Penjaminan Mutu Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Ditjen Dikti Kemendikbud-Ristek); Corina Sutter, M.A. dan Lena Schnell, B.A. (Konsultan AHPGS); Prof. Dr. Ing. Ir. Misri Gozan, M. Tech., IPM (Ketua Komite Eksekutif LAM Teknik); Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU (Pendiri LAMSAMA); Arief Wibisono Lubis, Ph.D. (Koordinator AACSB FEB UI); Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, MLS., Ph.D. (Ketua Majelis Akreditasi LAM INFOKOM); serta Prof. dr. Usman Chatib Warsa, Sp.MK., Ph.D. (Ketua LAM-PTKes). Pada kegiatan ini disampaikan materi terkait persiapan Program Studi untuk mengikuti akreditasi internasional dan akreditasi nasional melalui Lembaga Akreditasi Mandiri.

Produk Kami

Produk DPMA secara umum terdiri dari sistem informasi (bekerja sama dengan Unit Kerja UI yang membidangi teknologi dan sistem informasi), dokumen, serta video pendukung tugas kerja DPMA.

Kenalkan Gaya Hidup CERDIK, Dosen Vokasi UI Latih Kader Posbindu di Depok Tingkatkan Kualitas Hidup Penyandang Penyakit Kronis (2)

Sistem Informasi

DPMA bersama dengan DTSI UI mengembangkan

  1. Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa/Evaluasi Fasilitator oleh Mahasiswa melalui http://edom.ui.ac.id,
  2. Sistem Informasi Penjaminan Mutu Akademik (SIPMA) UI melalui http://sipma.ui.ac.id.

Evaluasi Dosen oleh Mahasiswa (EDOM) adalah instrumen untuk menilai kinerja dosen dalam proses pembelajaran di akhir semester di setiap Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi. EDOM awalnya diterapkan secara manual sejak tahun 2000 di 10 Fakultas dan berkembang menjadi secara online sejak tahun 2006. Di samping itu, Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi menggunakan tara dari EDOM, yaitu Evaluasi Fasilitator oleh Mahasiswa (EFOM). EFOM secara online baru berjalan tahun 2008/2009. EDOM/EFOM ini bermanfaat bagi dosen/fasilitator untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap proses pembelajaran yang dilakukan oleh dosen/fasilitator. Bagi manajemen Universitas/Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi/Departemen/Program Studi, hasil EDOM/EFOM dapat dijadikan acuan menyusun program peningkatan mutu proses pembelajaran yang terkait kinerja dosen.

Sementara itu, SIPMA UI memuat dokumen mutu UI serta Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) dan Evaluasi Internal Tahunan (EVITAH) secara online yang dilaksanakan sekitar bulan April dan Oktober sesuai Kalender Akademik.

EVISEM merupakan kegiatan Kontrol Mutu (Quality Control) dalam Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) UI. Instrumen EVISEM dirancang berdasarkan kebutuhan UI untuk mengetahui pencapaian mutu penyelenggaraan Program Studi dalam kurun waktu satu semester berdasarkan kriteria dan indikator yang telah ditetapkan. Indikator yang digunakan merujuk kepada Standar Nasional Pendidikan, Komponen Mutu untuk Akreditasi Program Studi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan Kriteria Mutu yang dikeluarkan oleh Asean University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Selain itu, EVITAH merupakan Tindak lanjut Pimpinan Fakultas/Sekolah/Program Pendidikan Vokasi untuk perbaikan mutu Program Studi berdasarkan hasil reviu EVISEM selama satu tahun akademik.

Dokumen DPMA

Dokumen DPMA yang digunakan—demi memperlancar tugas kerja di DPMA dan Unit Kerja lain terkait mutu akademik—adalah sebagai berikut:

  1. SPMI UI (rev. tahun 2017);
  2. Panduan Penulisan Proposal Pembukaan Program Studi Baru di Universitas Indonesia (2005);
  3. Instrumen evaluasi
    • EDOM/EFOM online (rev. tahun 2022),
    • Evaluasi Internal Semesteran (EVISEM) jenjang D3, D4, S1, S2, S3, Profesi, & Spesialis (rev. tahun 2014, 2017, dan 2021), serta
    • Evaluasi Internal Tahunan (EVITAH) online untuk seluruh jenjang (2014).