iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Juara 1 YouC1000 Golf Interleague 2023 Tim Pergola UI Unggul dari 25 Tim dengan 100 Pemain

Depok, 20 Oktober 2023. Tim Muda Persatuan Golf Alumni (Pergola) Universitas Indonesia (UI) meraih juara pada perlombaan “YouC1000 Golf Interleague 2023” yang diselenggarakan oleh YOU C-1000, pada 14–15 Oktober 2023, di Royale Jakarta Golf Club. Turnamen ini bertujuan untuk mengasah kemampuan, menumbuhkan naluri kompetisi, sekaligus mencari bibit-bibit pegolf muda Indonesia. Pada turnamen tersebut, Tim Muda Pergola UI meraih Juara I dan terunggul di antara 25 tim dengan total 100 pegolf.

Tim Muda Pergola UI terdiri atas empat orang pemain yang merupakan alumni dan mahasiswa UI. Mereka adalah Andrew Harjanto (2019) dan Ivan Aulia (2020) dari Fakultas Hukum; serta Danendra Abyan (2019) dan Bhagas Handoyo (2014) dari Fakultas Teknik. Keempatnya berhasil lolos di babak final setelah sebelumnya melewati babak kualifikasi yang berlangsung sejak Juni hingga September 2023.

Selama melewati babak kualifikasi dan grand final, Bhagas mengatakan bahwa setiap pemain harus tetap fokus dan menjaga mental saat menghadapi lawan. Mereka juga dituntut untuk menjaga kondisi fisik karena harus menjalani tiga laga pertandingan, yaitu dari perdelapan final hingga final, dalam waktu dua hari di tengah cuaca yang sangat panas.

Menurutnya, keberhasilan yang diraih tim tidak terlepas dari peran Pembina dan Pengurus Pergola UI. Para Pembina membimbing mereka, mulai dari persiapan teknis berupa practice round dan course management/game plan, hingga persiapan mental berupa motivasi, sharing pengalaman, dan nasihat-nasihat di hari pertandingan. Namun, meski persiapan dilakukan dengan matang, tim mengaku tidak pernah mendapat tekanan untuk menjadi juara.

“Para Pembina selalu berpesan, ‘Just enjoy the game’. Saya rasa itulah yang membantu kami untuk bisa bermain secara lepas dan mampu memberikan kemampuan terbaik saat bertanding,” kata Bhagas.

Tim Muda Pergola UI diajarkan untuk menikmati dan mendapatkan pelajaran sebanyak-banyaknya dari pertandingan dan mengesampingkan tekanan. Hal ini dilakukan agar tim mendapatkan hasil maksimal. Selain itu, mereka diajarkan untuk solid dalam tim. Ketika salah seorang anggota mengalami masalah di permainan, rekan lainnya harus dapat mengompensasi kesalahan dan saling membantu, sehingga rasa saling percaya akan tumbuh.

Berkat kerja sama tersebut, Tim Muda Pergola UI berhasil memenangkan turnamen tersebut. Mereka berharap kemenangan ini dapat memberi motivasi untuk terus mengharumkan nama almamater di pertandingan lainnya, serta dapat mendorong para golfer UI untuk bergabung menjadi bagian dari Pergola UI.

Setelah kompetisi ini, Tim Pergola UI akan mengikuti pertandingan berikutnya, yakni Knockout Stage Liga Golf Jakarta, yang akan diadakan pada 18 Oktober 2023. Tim juga akan mengikuti Turnamen HIMPUNI, yaitu turnamen golf yang diikuti oleh perguruan tinggi negeri dari seluruh Indonesia, dan berusaha untuk mempertahankan gelar juara di turnamen tersebut.

“Kami ingin membagi momen berharga ini dengan para pembina yang selalu membimbing kami, yaitu Rury Widjaja (FEUI 1996), Hoshi Utomo (FHUI 1999), Rizmansyah (FTUI 1985), Saibun Sitompul (FTUI 1974), Pranata Yassi (FTUI 2012), dan Winalda Perdana (FEUI 2014). Terima kasih yang sebesar-besarnya juga kepada Ketua Umum Pergola UI, Bambang W. Budiawan (FEUI 1983), dan Ketua Harian Pergola UI, Danny Boestami (FEUI 1983), serta seluruh pengurus dan anggota Pergola UI atas seluruh dukungan yang luar biasa,” ujar Bhagas.

 

Related Posts