iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

UI BERSAMA ZAGREB UNIVERSITY MENANDATANGANI MoU KERJASAMA DI BIDANG TEKNIK & PENELITIAN ILMIAH

 

Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Zagreb menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk menjalin kerja sama yang lebih intensif dibidang teknik dan juga penelitian ilmiah pada Kamis (19/10) di Ruang Rapat A, Lantai 2, Gedung Pusat Administrasi Universitas, Kampus UI Depok.

Pertemuan tersebut dibuka dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi UI, drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K) dilanjutkan dengan opening speech oleh Ambassador of the Republic of Croatia to the Republic of Indonesia and ASEAN, H.E Nebojsa Koharovic yang menyampaikan rasa terimakasihnya atas keramahtamahan UI dan juga harapannya terhadap penandatanganan MoU tersebut. “Universitas Zagreb dan UI bisa dikatakan merupakan dua universitas terbesar dan bergengsi, Jadi menurut kami MOU ini akan menjadi salah satu jalan yang sangat sukses untuk kerja sama besar di masa mendatang,” kata Nebojsa.

MoU yang ditandatangani oleh kedua perguruan tinggi ini, berisikan tentang perjanjian kerjasama yang berfokus pada peningkatan serta memaksimalkan bidang teknik dan penelitian ilmiah. Secara garis besar, kerja sama ini mencakup bidang penelitian ilmiah teknik seperti Arsitektur, Teknik Sipil, Elektro hingga transportasi. UI dan Universitas Zagreb tidak menutup kemungkinan tentang adanya potensi untuk memulai program baru, kegiatan baru, terutama dalam inovasi dan kerjasama transfer teknologi.

“Jadi ada banyak sekali kemungkinan. Banyak sekali ide, program, dan kegiatan yang kedepannya bisa kita kembangkan bersama, tentunya yang paling penting di dalamnya adalah pendidikan,” ujar Vice Rector for Innovation, Technology Transfer and Cooperation with Economic Sector Universitas Zagreb, Prof. Tomislav Josip Mlinaric.

Kepala Program Studi Kajian Regional Eropa, Sekolah Kajian Stratejik dan Global (SKSG) UI, Dr. Polit. Sc. Henny Saptaria memberikan tanggapan bahwa SKSG UI menyambut baik kerja sama ini meskipun tidak berfokus dengan hal-hal teknis dan mereka melakukan penelitian di bidang ilmu sosial, ilmu politik, dan humaniora. Namun baru-baru ini UI bekerja sama dengan salah satu Universitas di Eropa untuk teknis pengolahan air yang diarahkan menjadi salah satu sumber daya energi keberlanjutan, dan ini menjadi contoh bahwasanya UI juga sedang mengembangkan penelitian ke arah yang sama dengan Universitas Zagreb yaitu fokus pada pengembangan hal teknik dan penelitian ilmiah.

Dengan adanya pertemuan dan penandatanganan MOU ini sendiri baik dari pihak UI maupun Universitas Zagreb berharap kerja sama ini kedepannya akan mempererat hubungan kerja sama antar institusi di masa depan. Pertemuan dan penandatanganan MoU ini sendiri juga dihadiri oleh perwakilan UI diantaranya Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian dan Urusan Mahasiswa, Fakultas Teknik UI, Prof. Dr. Ir. Yanuar. M.Eng. M.Sc.; Direktur Inovasi dan Sains Techno Park UI, Ahmad Gamal, S.Ars., M.Si., MUP., Ph.D; Direktur Penelitian dan Perkembangan, Munawar Khalil, Ph.D; Kepala Kantor Internasional, drg. Baiduri Widanarko, M.KKK, Ph.D; Kepala Subdirektorat Pengembangan Kolaboratif Penelitian, Drg. Masita Mandasari. Ph.D.Sp.PM; Asisten Eksekutif Direktur Kantor Internasional SKSG, Jelang Ramadhan, M.Si. Ph.D (can). Adapun perwakilan Universitas Zagreb diantaranya adalah Vice Rector for Science, Research and Postgraduate Studies, Prof. Dubravko Majetic; dan Vice Dean for Science and Infrastructure, Faculty of Agriculture, Assoc. Prof. Kloudja Carovic Stanko, PhD.

###

Penulis: Ammara Zihni/ editor: Finda Salsabila

Related Posts