iden sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Selenggarakan Pickeball Cup 2024, Senat Akademik Ajak Bangun Kesehatan dan Produktivitas Melalui Olah raga

Depok, 4 Agustus 2024. Senat Akademik (SA) Universitas Indonesia (UI) menginisiasi penyelenggaraan turnamen Pickleball bertajuk “SA UI Cup Pickleball 2024” pada 26-28 Juli 2024. Turnamen ini merupakan upaya inisiatif SA UI untuk mempromosikan gaya hidup sehat dan aktif di kalangan sivitas akademika serta masyarakat umum. Turnamen yang berlangsung di lapangan Pickleball Fakultas Psikologi dan Fakultas Hukum UI, menampilkan berbagai kategori pertandingan seperti tunggal putra dan putri, ganda putra dan putri, serta ganda campuran.

Ketua Panitia SA UI Cup Pickleball 2024 yang juga Ketua SA UI, Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, SpOG(K), MPH. dan akrab disapa Prof. Iko menyampaikan, pentingnya turnamen ini diselenggarakan dalam konteks kesehatan masyarakat Indonesia dan pembangunan sumber daya manusia (SDM). Ia mengatakan, “Melalui SA UI Cup Pickleball 2024, kami tidak hanya mempromosikan olahraga yang menyenangkan, tetapi juga mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap kesehatan mereka. Aktivitas fisik reguler seperti pickleball dapat menjadi langkah awal yang efektif dalam mencegah penyakit degeneratif dan menyongsong visi Indonesia Emas 2045.”

Menurut Prof. Iko, saat ini Indonesia menghadapi beban ganda dalam bidang kesehatan, penyakit infeksi masih prevalensi dan penyakit degeneratif semakin meningkat. Pencegahan penyakit degeneratif melalui aktivitas fisik tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan individu, tetapi juga memiliki dampak positif terhadap produktivitas dan ekonomi nasional serta mengurangi beban ekonomi negara secara jangka panjang. Prof. Iko juga menambahkan keterkaitan antara kesehatan, perencanaan keluarga, dan kualitas sumber daya manusia (SDM). “Dalam konteks kependudukan, masyarakat yang sehat dan aktif berperan penting dalam perencanaan keluarga yang berkualitas. Keluarga yang sehat dan teredukasi dengan baik cenderung membuat keputusan yang lebih bijak terkait jumlah dan jarak kelahiran anak, yang pada gilirannya berkontribusi pada peningkatan kualitas SDM Indonesia,” kata Prof. Iko yang baru saja menerima penghargaan sebagai orang Indonesia pertama yang meraih gelar kehormatan tertinggi dari RANZCOG karena telah memberikan kontribusi luar biasa dalam bidang Obstetri dan Ginekologi.

Turnamen SA UI Cup Pickleball 2024 diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai kalangan, termasuk mahasiswa, dosen, alumni, serta masyarakat umum. Pickleball, olahraga yang merupakan perpaduan antara tenis, badminton, dan tenis meja, dipilih karena sifatnya yang inklusif dan dapat dimainkan oleh berbagai kelompok umur. Tidak hanya menguji kemampuan fisik, turname ini diadakan juga untuk mempopulerkan Pickleball sebagai olahraga yang mudah diakses, terjangkau, menyenangkan, dan aman untuk berbagai kelompok umur, termasuk lanjut usia (lansia).

Sekretaris Jendral Indonesia Pickleball Federation (IPF), Dr. Susilo, D.Ed., mengatakan, “Pelaksanaan turnamen di hari pertama juga menjadi ajang seleksi atlet dari Jakarta untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut tahun 2024. Pada dua hari berikutnya, para pemain berkompetisi dalam sistem setengah kompetisi, dimana setiap pasangan berkesempatan bermain tiga hingga empat kali. Pemenang ditentukan berdasarkan akumulasi poin terbaik, dengan setiap pertandingan berlangsung satu set hingga mencapai 15 poin.”

Turnamen ini dimenangkan oleh Handika Surya & Fahmi Ichan Azizi sebagai juara I Mens Double Open, Muhammad Milam & Frisnandyo sebagai juara II Mens Double Open dan Juara III Bersama diraih pasangan Arief Feri Nurhakim & Sembara Adinugraha, Sulthan Rafy & Irwan Kurniawan. Di nomor Mens Double 50+ juara I diraih pasangan Taufik & Suwardi, juara II Mens Double diraih pasangan Dani Pramadani & Dede Junaedi dan Juara III Bersama diraih oleh pasangan Ade Irawan & Elfitri Dafit, Mochamad Nur Hassan & Eko Priyono.

Di nomor Mixed Open juara I diraih Arief Feri Nurhakim & Desy Ratnasari, Juara II diraih pasangan Fahmi Ichsan Azizi & Lena Mulyana, Juara III Bersama diraih oleh pasangan Sembara Adinugraha & Willyani Rahmawati, Chris Rafael Aruan & Ken Shafa. Sementara di nomor Mixed 50+ Juara I diraih Oleh Pasangan Ade Irawan & Lena Mulyana, Juara II diraih Oleh Pasangan Diana Lidiawati & Deded Syafril dan juara III Bersama diraih oleh Pasangan Cak Susilo & Yuli Susilo, Leny Mulyani & Suwardi A Jalil.

Hadiah uang tunai yang di raih sebesar Rp. 2.000.000 di berikan untuk juara I dan Rp. 1.500.000 diberikan untuk yang meraih juara II sedangkan Rp. 1.000.000 diberikan kepada Juara III Bersama. Adapun peserta yang lolos dalam seleksi untuk PON XXI Aceh-Sumut tahun 2024, antara lain: Muhammad Alif Tahjudi, Muhammad Arfan, Chris Rafael Aruan, M. Desta Alfiyansyah, Yusuf Maulanan Abar, M.Rizky Pratama, Ken Shafa Salsabila, Fina , Azizah, Christy dan Kayla.

Turut hadir dalam turnamen ini, Ketua Komunitas Pickleball UI, Guru Besar Psikologi Politik UI, Prof. Hamdi Muluk; Ketua Umum Pengurus Provinsi IPF DKI Jakarta, Capt. Andi M. Pakpahan S.Si., M.ar; Sekretaris Umum Pengurus Provinsi IPF DKI Jakarta Bambang Supriyanto, SE., ST., MM.

Related Posts