id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Celine Caroline Raih Penyanyi Alto Terbaik di GBN 2024

Depok, 15 Agustus 2024. Berkat lagu “Sapu Tangan dari Bandung Selatan”, Celine Caroline Bagariang, mahasiswa Fakultas Farmasi (FF), Universitas Indonesia (UI), meraih predikat Peserta Terbaik Suara Alto pada Gita Bahana Nusantara (GBN) 2024 Perwakilan Provinsi Jawa Barat. Ajang tersebut diikuti oleh 86 peserta dari 22 Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, dengan peserta yang terdiri dari pelajar dan mahasiswa berusia 16-23 tahun.

GBN adalah pergelaran orkestra dan paduan suara tingkat nasional yang secara konsisten diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan sejak 2015. Audisi GBN tingkat provinsi Jawa Barat tahun ini diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat melalui Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengelolaan Kebudayaan Daerah Jawa Barat, dan berlangsung di Gedung Teater Tertutup Taman Budaya, Kota Bandung, Jawa Barat, pada 16-17 Juli 2024.

Kemenangan Celine pada audisi kali ini merupakan hasil dari perjuangan panjang sejak 2018. “Sejak masuk SMA, saya mengikuti audisi GBN untuk pertama kali dengan harapan setelah lulus SMA bisa masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) melalui jalur prestasi dengan sertifikat GBN,” ujar Celine. Pada 2019, Celine mengikuti audisi GBN untuk kedua kalinya dengan persiapan yang lebih matang dan berhasil meraih Juara 2 Alto Tingkat Provinsi Jawa Barat. Namun, pada tahun 2020, pandemi Covid-19 membuat audisi GBN ditiadakan, meski demikian, ia lolos masuk UI melalui jalur prestasi akademik.

Selama tiga tahun kuliah, Celine aktif dalam berbagai kegiatan di dalam kampus, termasuk menjadi anggota Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Paragita UI dan Vokal Grup UI. “Tahun 2024 ini, sembari mengisi waktu libur semester, saya mengikuti magang di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) sekaligus audisi GBN Provinsi Jawa Barat. Akhirnya, audisi GBN Tahun 2024 ini mengantarkan saya meraih juara 1 Alto Tingkat Nasional mewakili Jawa Barat,” kata Celine.

Ia menambahkan, “Saya sangat bersyukur, mimpi saya tidak meredup dan pada akhirnya dapat terwujud. Saya percaya bahwa impian yang besar butuh perjuangan yang panjang.”

Audisi GBN dilaksanakan setiap tahun dengan tujuan membentuk tim paduan suara dan orkestra yang berakar dari keanekaragaman budaya Nusantara setiap provinsi di Indonesia. Tim ini nantinya akan tampil dalam pergelaran GBN pada acara Upacara HUT RI di Istana Kepresidenan Jakarta dan Gedung DPR/MPR-RI, serta dalam Konser Kemerdekaan di Ruang Publik Kota Tua, pada 10 Agustus 2024.

Sebelum dapat mengikuti audisi tingkat Provinsi Jawa Barat, setiap Kabupaten/Kota di Jawa Barat melaksanakan Audisi Tingkat Kabupaten/Kota untuk memilih empat orang tiap jenis suara yang akan dikirim ke tingkat provinsi melalui jalur dinas. Selain jalur dinas, terdapat jalur mandiri yang merupakan seleksi terbuka secara daring dengan mengirimkan video bernyanyi di YouTube.

Peserta jalur mandiri diaudisi langsung oleh juri tingkat provinsi. Disporyata Kota Depok mengirimkan empat orang melalui jalur dinas dan lima orang melalui jalur mandiri. Celine adalah salah seorang peserta jenis suara alto yang mengikuti audisi melalui jalur mandiri.

Dari total peserta, akan dipilih empat juara sebagai peserta terbaik dari tiap jenis suara, yaitu sopran, alto, tenor, dan bass, yang akan mewakili Provinsi Jawa Barat untuk mengikuti pemusatan latihan di tingkat Nasional dan bergabung dalam GBN Nasional. Tahapan audisi meliputi pemilihan dan penyanyian satu dari 10 lagu yang telah ditentukan panitia, pembacaan dan penyanyian notasi musik secara langsung (prima vista), serta penyanyian tangga nada naik dan turun untuk mengetahui wilayah suara masing-masing.

Related Posts