id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Mahasiswa UI Catat Beragam Prestasi di Ajang PON XXI 2024

Depok, 18 September 2024. Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) kembali mengukir prestasi pada ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 yang diadakan di Aceh dan Sumatera Utara, pada 8–20 September 2024. Mereka adalah Naura Rahmadija dan Keisha Hasna Purnama dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Blasius Bayu dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, dan Owen Raharjo Davys dari Fakultas Teknik. Keempatnya merupakan perwakilan DKI Jakarta untuk cabang olahraga (cabor) yang berbeda.

Pada ajang tersebut, Naura meraih empat Medali Emas dan satu Medali Perunggu untuk cabor Sepatu Roda. Sementara itu, Keisha meraih Medali Emas untuk cabor Basket Putri, Blasius meraih Medali Perunggu pada cabor Rugby, dan Owen meraih Medali Perak untuk cabor Softball. Dalam sebuah kesempatan, Naura mengatakan bahwa kejuaraan ini adalah pengalaman keduanya setelah sebelumnya berkompetisi di PON 2021. Persiapan intensif yang dilakukan sejak 2022 kini membuahkan hasil yang membanggakan. Meski begitu, ia mengaku bahwa capaiannya tidak terlepas dari dukungan orang-orang terdekat yang terus memotivasinya.

Menurut Naura, kariernya di dunia sepatu roda dimulai sejak usia 6 tahun dengan latihan serta dedikasi yang kuat. Ia bergabung dengan tim Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) DKI Jakarta pada usia 13 tahun. Tahun ini, menjadi momen spesial baginya karena setelah berstatus mahasiswa, ia tetap dapat bertanding di PON. “Saya sangat bersyukur karena FEB UI sangat mendukung dan mengerti dengan kondisi saya sebagai atlet. Fakultas memberikan dukungan dan fleksibilitas akademik selama saya menjalani latihan intensif jelang PON. Ini membantu saya untuk tetap fokus dan berprestasi baik di bidang akademis maupun olahraga,” ujarnya.

Sementara itu, Keisha—bersama Tim Basket DKI Jakarta—meraih juara setelah mempersiapkan diri secara intensif selama dua tahun. Keberhasilan ini dimulai ketika ia lolos kualifikasi PON yang diadakan di Bali pada 2023. Menurutnya, latihan yang giat, doa, kerja sama tim, serta dukungan orang tua dan berbagai pihak menjadi kunci utama kesuksesannya. Dalam hal ini, ia mendapat fleksibilitas akademik selama persiapan PON serta dukungan moral dari para dosen.

“Sebelum mengikuti PON, saya sudah aktif di berbagai kejuaraan basket tingkat nasional. Tentu ini salah satu yang membantu saya terpilih dalam kualifikasi PON 2023 dan kembali dipercaya memperkuat tim PON DKI Jakarta di tahun ini. Prestasi ini menjadi bukti bahwa mahasiswa UI memiliki kesempatan untuk berprestasi tidak hanya di bidang akademik, tetapi juga olahraga nasional,” kata Keisha.

Sebelum keempat mahasiswa tersebut, dua mahasiswa UI telah memboyong 5 medali untuk dua cabor. Nadia Indah Amalia dari Fakultas Hukum meraih 4 medali dalam cabor Senam Artistik, yakni 2 Medali Emas untuk Nomor Beregu Putri dan Perseorangan Serba Bisa Putri, 1 Medali Perak untuk Nomor Meja Lompat Putri, serta 1 Medali Perunggu untuk Nomor Palang Bertingkat Putri. Adapun Jeremy Dillon Latuheru dari Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya meraih Medali Emas dari cabor Polo Air.

Prestasi gemilang yang diraih oleh para mahasiswa UI ini tidak hanya membawa kebanggaan bagi mereka pribadi, tetapi juga bagi almamater UI dan seluruh masyarakat DKI Jakarta. Keberhasilan mereka yang membanggakan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi mahasiswa lainnya untuk terus berprestasi di berbagai bidang, baik akademik maupun non-akademik.

Related Posts