Depok, 19 Desember 2024. Es krim merupakan salah satu makanan yang digemari banyak masyarakat, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Namun, sebagian besar produk es krim mengandung kadar gula tinggi yang berisiko bagi kesehatan. Kandungan gula yang tingi ini dapat berkontribusi pada peningkatan kasus obesitas dan diabetes di Indonesia, khususnya pada anak-anak dan remaja.
Berangkat dari fenomena tersebut, tiga mahasiswa program studi (prodi) Bisnis Kreatif, Program Pendidikan Vokasi, Universitas Indonesia (UI), yang tergabung dalam Tim Cuan, yaitu Hernan Crespo Barus, Adiba Khanza Aleyna Putri, dan Zafira Althafi Hidayat, menciptakan sebuah ide bisnis berupa es krim berbahan dasar sayur caisim. Produk es krim bernama CaisCream tersebut merupakan produk kuliner kreatif yang menggunakan bahan utama sayur caisim, daun stevia, susu almond, dan tepung maizena.
Hernan, salah seorang perwakilan Tim Cuan, mengungkapkan bahwa sayur caisim mengandung berbagai nutrisi penting, mulai dari protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. Sayur caisim juga memiliki rasa yang netral dan tidak pahit, sehingga kualitasnya akan semakin baik apabila dibudidayakan secara hidroponik.
Selain itu, penggunaan daun stevia dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pembuatan gula alami rendah kalori karena mengandung glikosida yang memiliki rasa manis, tetapi tidak menghasilkan kalori. “Kedua bahan tersebut juga dibudidayakan secara hidroponik, yaitu salah satu teknik pertanian urban. Teknik ini menghemat lahan, mengurangi penggunaan pestisida, dan menekan emisi karbon. Sehingga, CaisCream berupaya menawarkan es krim yang lezat, kaya nutrisi, dan ramah lingkungan,” kata Hernan.
Lebih lanjut ia mengatakan, produk es krim yang menyasar pada anak-anak hingga orang dewasa tersebut juga menggunakan kemasan berupa cup kertas biodegradable guna mendukung kegiatan pengurangan sampah plastik di Indonesia. Kemasan tersebut steril dan didesain serinci mungkin agar mencegah produk rusak atau bocor.
Berkat produk CaisCream, Tim Cuan berhasil memboyong Juara 2 pada Business Plan Competition Brawijaya Business and Career 2024 yang diselenggarakan Eksekutif Keluarga Mahasiswa (EKM) Universitas Brawijaya beberapa waktu lalu. Diikuti sekitar 30 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, Hernan dan tim mampu mengenalkan ide bisnis berkelanjutan yang menarik.
“Kolaborasi kami sebagai mahasiswa Bisnis Kreatif terbukti berkat ilmu yang kami terapkan dari Founders Camp atau program orientasi mahasiswa baru prodi Bisnis Kreatif, yakni Adiba dan Zafira yang merupakan mahasiswa angkatan 2024. Sedangkan, saya berperan sebagai mentor, ikut bergabung mengembangkan ide bisnis ini dan dibawa ke panggung kompetisi. Selain itu, berbagai mata kuliah, seperti Kewirausahaan, Pengantar Bisnis, dan lainnya sangat relevan dengan kompetisi ini,” kata Hernan.
Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D, menyatakan kebanggannya terhadap prestasi yang diraih Tim Cuan, khususnya terhadap ide bisnis unik dan kreatif. “Keberhasilan Hernan, Adiba, dan Zafira, menunjukkan bahwa generasi z memiliki pemikiran dan ide segar terhadap dunia bisnis masa kini. Selain itu, mereka juga turut berupaya mendukung penggunaan bahan yang alami dan ramah lingkungan, sehingga secara tidak langsung mengajak masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan. Sekali lagi saya ucapkan selamat kepada Tim Cuan,” ujar Padang.