id sipp@ui.ac.id dan humas-ui@ui.ac.id +62 21 786 7222

Ekspansi Bisnis Asuransi dengan Penerapan Layanan Berbasis Digital

IMG_1538

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini banyak membawa perubahan bagi dunia bisnis dan ekonomi. Hal tersebut terbukti dengan banyak bermunculannya startup-startup lokal yang mendasarkan bisnisnya pada dunia digital. Revolusi digital ini terutama sangat dirasakan dalam hal jarak, ruang lingkup, dan interaksi yang menjadi semakin luas dan efisien.

Potensi dunia digital inilah yang berusaha dikembangkan dalam persentasi kelompok “Integral” dari Universitas Indonesia yang menjadi juara I dalam kompetisi The 4th Bachelor Journey yang dilaksanakan pada Kamis (10/9/2015) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis UI. Acara ini adalah kegiatan kompetisi nasional analisis studi kasus yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menganalisis studi kasus yang nyata dari industri.

Setiap kelompok peserta akan diberikan suatu contoh studi kasus yang harus dipecahkan dan diberikan solusinya oleh masing-masing kelompok. Solusi yang berupa manajemen strategi tersebut akan dipresentasikan di hadapan dewan juri pada hari pelaksanaan kegiatan.

Tema tahun ini mengambil fokus pada industri asuransi yang memasuki babak baru semenjak adanya BPJS Kesehatan. Fokus persentasi peserta akan terpusat pada solusi meningkatkan pemasukan suatu perusahaan asuransi dengan kondisi dan permasalahan eksternal yang ada, terutama penerapan BPJS secara nasional yang dianggap menyebabkan turunnya pemasukan perusahaan-perusahaan asuransi saat ini.

Solusi yang dipaparkan oleh tim Integral ditawarkan dalam dua paket, yaitu paket experience dan paket expansion. Paket experience mengutamakan kepuasan pelanggan dalam menjalankan proses administrasi dari suatu perusahaan asuransi, sedangkan paket expansion berfokus pada langkah-langkah strategis dalam memperluas jangkauan area penetrasi produk.dari perusahaan asuransi.

Dalam melakukan langkah expansion ini, kelompok Integral yang terdiri dari Bagas Kurniawan (Manajemen 12), Sang Bagus Tenno Tanaka (Manajemen 12), dan Muhammad Hazmi Ash-Shidq (Ilmu Ekonomi 12) mengusulkan penerapan teknologi informasi di lini-lini pelayanan perusahaan. Komunikasi sebagai media jasa asuransi dilakukan dengan menggunakan media-media teknologi seperti internet, e-mail, ataupun aplikasi digital.

Related Posts

Leave a Reply