Depok, 14 Maret 2025. Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) yang tergabung dalam Tim Spill the Tree dari Program Studi Humas, Program Pendidikan Vokasi berhasil meraih juara pertama dalam kompetisi “Bandung Public Relations Convergence: Strategy Marketing Communication National Competition”, yang berlangsung di Gedung Pascasarjana, Telkom University, pada Sabtu (22/2). Mereka adalah Zachra Putrinardhany, Tibr Aisyah, dan Nadia Almira.
Tim Spill the Tree berhasil memenangkan juara berkat kampanye edukasi bertajuk #BatasiGGL dalam program NutriRoad: One Step Closer to a Healthier Life. Kampanye edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya konsumsi gula, garam, dan lemak berlebih. Melalui pendekatan komunikasi berbasis data, mereka menggagas program NutriRoad yang meliputi education roadshow dan local media roadshow.
Aqsath Rasyid Naradhipa, CEO NoLimit, yang merupakan juri kompetisi ini, mengatakan bahwa salah satu keunggulan kampanye ini adalah maskot edukatif Gugu, Lala, dan Rara (Gulara) yang dinilai unik dan mudah diingat masyarakat. “Tim Spill the Tree memiliki pemahaman yang baik mengenai strategi penggunaan data yang jauh lebih tepat sasaran. Ini merupakan langkah awal yang bagus bagi teman-teman untuk menciptakan komunikasi yang hebat,” ujar Aqsath.
Edukasi #BatasiGGL diberikan secara langsung kepada siswa di 30 sekolah yang tersebar di 10 provinsi, yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, Papua, Sumatera Utara, Kalimantan Barat, Nusa Tenggara Timur, Lampung, Riau, dan Sulawesi Selatan. Selain sosialisasi secara langsung, kampanye ini juga melibatkan media lokal untuk memperluas jangkauan edukasi. Dengan pendekatan local media roadshow, Tim Spill the Tree mengadakan kompetisi liputan media untuk meningkatkan pemberitaan tentang kampanye #BatasiGGL. Langkah ini dinilai efektif dalam membangun hubungan dengan media dan memperkuat eksposur kampanye secara nasional.
“Kami ingin masyarakat lebih sadar akan pentingnya pola makan sehat. Melalui pendekatan kehumasan berbasis framework Paid, Earned, Shared, Owned (PESO) dan metode SMART Objective, edukasi pada anak usia sekolah dilakukan untuk membantu menciptakan pola makan sehat yang berkelanjutan. Upaya preventif ini harus digalakan agar anak-anak Indonesia terhindar dari makanan yang tinggi garam, gula, dan lemak,” kata Tibr.
NutriRoad diharapkan dapat menjadi langkah nyata menuju kehidupan yang lebih sehat. Direktur Program Pendidikan Vokasi UI, Padang Wicaksono, S.E., Ph.D., mengapresiasi prestasi Tim Spill the Tree yang berhasil menerapkan kurikulum Vokasi UI untuk kebutuhan industri dan masyarakat. Ia mengatakan, “Melalui pengemasan yang menarik, Tim Spill the Tree membawakan edukasi gizi yang lebih efektif dan berdampak positif bagi masyarakat. Semoga keberhasilan ini mendorong mahasiswa lain untuk turut berkarya dan mengharumkan nama Universitas Indonesia.”