Depok, 3 September 2024. Tiga mahasiswa Universitas Indonesia (UI) dari Program Pendidikan Vokasi, Fakultas Ilmu Administrasi (FIA) dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) meraih penghargaan Best Presentation pada ajang Marketing Plan Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Yogyakarta. Futihat Nurul Karimah, Karin Ardelia Latifah Pranowo dan Ranu Panamkarana tergabung dalam tim Blackping Pasming. Mereka mengusung konsep Beauty Heritage Cosmetic.
Tim Blackping Pasming mengambil langkah inovatif dengan mengembangkan rencana pemasaran untuk meningkatkan kesadaran merek kosmetik lokal. Berdasarkan survei Populix yang dikutip dari Databoks tahun 2022, sebesar 54% dari 500 perempuan Indonesia lebih memilih produk kosmetik lokal, sehingga Blackping Pasming berupaya untuk memaksimalkan potensi ini dengan memanfaatkan keunikan warisan kecantikan Indonesia. Fenomena tersebut menjadi inspirasi utama bagi ketiga mahasiswa UI ini.
Futihat yang juga mahasiswa berprestasi Vokasi UI tahun 2024, mengatakan bahwa dirinya dan tim ingin mengembangkan potensi diri dan mencoba hal baru melalui kolaborasi ilmu dari masing-masing fakultas melalui kompetisi marketing plan tersebut. “Kami memadu padankan ilmu yang kami miliki hingga tersusun marketing plan. Melalui brand kosmetik lokal yang disukai perempuan Indonesia, kami berupaya untuk meningkatkan brand awareness dari merek tersebut dengan memanfaatkan unique selling point yang dimiliki produk tersebut,” ujar Futihat.
Pada kompetisi yang diselenggarakan di sepanjang Juli 2024 ini, tim Blackping Pasming mengembangkan berbagai strategi pemasaran. Kolaborasi dengan influencer, social media challenge, campus roadshow, produk eksklusif, hingga kampanye video merupakan bentuk strategi yang dilakukan. Mereka juga menggandeng banyak pihak, termasuk komunitas kecantikan, dokter, seniman, serta media, untuk memperluas jangkauan dan dampak dari kampanye tersebut. Pemanfaatan teknologi dan media sosial juga menjadi fondasi utama dalam strategi pemasaran yang dirancang.
Wakil Direktur Program Pendidikan Vokasi Bidang Pendidikan, Penelitian dan Kemahasiswaan, Deni Danial Kesa, MBA., Ph.D., memberikan apresiasi terhadap kolaborasi ini. “UI terus berupaya untuk mengajak mahasiswa dari berbagai program studi maupun fakultas untuk melahirkan sebuah inovasi atau karya yang bermanfaat bagi masyarakat, mengingat bahwa saat ini merupakan era kolaborasi dari berbagai industri dan disiplin ilmu. Kami menunggu kolaborasi lainnya, baik dari mahasiswa maupun dosen, untuk terus mengharumkan nama almamater UI dan bangsa Indonesia,” ujar Deni.
Keberhasilan tim Blackping Pasming ini yang diumumkan secara daring di akhir Juli 2024, menjadi potensi besar yang dimiliki oleh mahasiswa UI dalam berkontribusi di dunia industri kreatif, khususnya dalam mendukung perkembangan brand-brand lokal yang semakin diminati oleh masyarakat. Prestasi ini menjadi contoh nyata kolaborasi lintas disiplin ilmu dapat menghasilkan karya yang tidak hanya inovatif, tetapi juga berdampak luas bagi masyarakat.
Penulis: Humas Vokasi | Editor: Finda