Universitas Indonesia (UI), khususnya Direktorat Kemahasiswaan, berkomitmen mengembangkan layanan bagi mahasiswa disabilitas yang menjalani perkuliahan di universitas ini. Melalui Tim Layanan Mahasiswa Disabilitas, Kampus UI bergerak memperjuangkan dan memberikan layanan bagi mahasiswa disabilitas yang notabene membutuhkan sebuah layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka.
Sebagai bentuk komitmennya, Tim Layanan Mahasiswa Disabilitas UI menggagas sebuah pelatihan dengan tajuk “Pemenuhan Aksesibilitas dan Pendidikan yang Berkualitas untuk Mahasiswa Disabilitas di Universitas Indonesia” yang diikuti oleh sejumlah dosen dan tenaga kependidikan dari berbagai fakultas dan unit yang ada di universitas.
Dalam pelatihan ini, para peserta memperoleh pengetahuan dan informasi mendalam terkait berbagai kategori disabilitas, seperti tunanetra, tuli/tunarungu, spektrum disabilitas, dan gangguan perilaku dan emosi (emotional-behavior disorder).
Selain itu, peserta—melalui diskusi interaktif—diajak untuk menggali pengalaman mereka dalam bidang pengajaran dan pelayanan bagi mahasiswa disabilitas. Kegiatan interaktif ini mendorong penyadaran dan menimbulkan kesadaran terkait pentingnya layanan yang sesuai bagi mahasiswa dengan disabilitas.
Terdapat dua hal penting lain yang juga difokuskan dalam pelatihan ini. Pertama,penyandang disabilitas sangat penting untuk dilibatkan dalam perumusan terkait penyediaan bentuk layanan. Tidak ada layanan disabilitas yang sesuai jika orang dengan diasabilitas tidak dilibatkan. Dengan demikian, pihak universitas bisa memberikan bentuk layanan yang bisa dimanfaatkan dengan baik oleh mereka.
Kedua, peserta diajak untuk memiliki kesadaran (awareness) dan kepekaan (sensitivity) terhadap keberadaan mahasiswa disabilitas. Dengan adanya dua hal tersebut, maka dosen dan tenaga kependidikan diharapkan bisa memiliki sikap yang bersahabat terhadap disabilitas (disability-friendly), kemudian memberikan layanan yang sesuai bagi mahasiswa tersebut.
Dengan adanya kesadaran dan kepekaan tersebut, mahasiswa akan terbangun, khususnya secara psikologis dan intelektual, dan proses perkuliahan berjalan dengan baik dan menghasilkan prestasi yang optimal.
Para penyandang disabilitas memiliki potensi yang perlu digali untuk sebuah kemajuan. Universitas Indonesia berkomitmen untuk memberikan lingkungan, baik fisik dan nonfisik, yang ramah bagi mahasiswa disabilitas demi terciptanya kualitas masyarakat yang menjunjung kesetaraan.